Kamis, 18 Maret 2010

Stress Management

Bekerja untuk PBB di lapangan membuat kita ngalamin stress yg disebabkan oleh pajanan terhadap budaya yang berbeda, berbagai kesukaran, bahaya, penyakit, rasa kesepian, terpisah dari lingkungan terdekat, teman dan keluarga, paparan terhadap pelanggaran HAM, dan tuntutan kerja yang tinggi (nah ini neh yg masih aja dikeluhkan,,)

Ikutin dueh langkah mudah utk ngurangin stress:
1. Jaga diri dg baik: kewajiban ini buat diri kita sendiri dan mereka yg peduli kepada kita.

2. Cukup istirahat: bahkan saat kerjaan numpuk. Jgn banyak begadang. Ingat,, kita BUKAN manusia super, bukan superman, bukan superwati (yaeyalaaah,,), perlu banget nentuin batas.

3. Makan minum secara sehat dan teratur.

4. Monitor konsumsi rokok dan alkohol: nah loh,,, rokok dan alkohol hanya bisa membantu dalam jangka pendek aja, sedangkan selebihnya bisa menurunkan kemampuan tubuh utk bertahan terhadap stress,, (beruntunglah bagi kita yg ga rokok dan ga alkohol yaa,,, lebih sehat dan akan terhindar dr impoten/sterilitas,,, naaah looh).

5. Olahraga cuy: Minimal jalan kaki atau sit up,, ini minimal loh,,

6. Berkomunikasi dan berbagi rasa: Curhatlah pada org yg kita percayai dg cara apapun, misalnya ngomong langsung, by email, ceting atau telponan. Buat kesepakatan dg temen kita utk saling dukung. That's the friends are for, rite?

7. Liatlah cara anda bertahan: Tanya kepada beberapa temen utk mendapatkan penilaian obyektif.

8. Rileks: berdoa, meditasi, denger musik, having sex (bagi yg udh merit loh yaaa).

9. Lindungi diri: Ketika dalam keadaan stress, org akan cenderung melakukan prilaku beresiko, misal alkohol berlebihan dan berhubungan sex gonta ganti pasangan pula (omigosh),,, gunakan kondom,,, tp mudah2wan kita bukan termasuk golongan ini yaa,, kita harus setia sama pasangan duong,,, :) semoga,,,,,, (berharap dg khusyu).

Semoga bermanfaat yaa,, bukan cuman yg gawe di PBB tp juga buat temen2 yg kerjanya underpressure n multicultural,,,

2 komentar:

HitmanSystem.com mengatakan...

Hai, salam kenal yah. Sebuah masalah dan tekanan memang dapat diamati dari berbagai sudut dan cara penulisan, ada yang analitis, ada yang puitis, ada yang dramatis. Tulisan Anda cukup menarik, dan bisa terkait dengan artikel saya Lima Aksi Menuju Bahagia Instan.

Saya yakin kita bisa saling memperkaya pemahaman satu sama lain.

Sekali lagi salam kenal, sobat, nanti saya akan berkunjung lagi..


Lex dePraxis
Unlocked!

Rodesandra mengatakan...

makasih ya,,, salam kenal juga,,
hmm,, nick namenya apa ya?